POS PELAYANAN TERPADU (POSYANDU) PART 2

KRITERIA KADER POSYANDU :
  • Dapat membaca dan menulis.Berjiwa sosial dan mau bekerja secara relawan.
  • Mengetahui adat istiadat serta kebiasaan masyarakat.
  • Mempunyai waktu yang cukup.
  • Bertempat tinggal di wilayah posyandu.
  • Berpenampilan ramah dan simpatik.
  • Diterima masyarakat setempat.

PELAKSANAAN KEGIATAN POSYANDU.

Posyandu dilaksanakan sebulan sekali yang ditentukan oleh kader, tim penggerak PKK desa/kelurahan serta petugas kesehatan dari puskesmas, dilakukan pelayanan masyarakat dengan system 5 meja yaitu :

meja 1 : pendaftaran.
meja 2 : penimbangan
meja 3 : pengisian kms
meja 4 : penyuluhan perorangan berdasarkan kms.
meja 5 : pelayanan KB dan; Kesehatan

Pelayanan di meja 5 berupa:

  1. Imunisasi
  2. Pemberian vitamin a dosis tinggi berupa obat tetes ke mulut tiap bulan februari dan agustus.
  3. Pembagian pil atau kondom
  4. Pengobatan ringan.
  5. Konsultasi KB-kesehatan
Petugas pada meja 1 s/d 4 dilaksanakan oleh kader Posyandu sedangkan meja 5 merupakan meja pelayanan (kader, jurim, bindes, perawat dan petugas KB).

SASARAN POSYANDU :

Bayi/balita.
Ibu hamil/ibu menyusui.
WUS dan PUS.

PELAYANAN DI POSYANDU
Kesehatan ibu dan anak :

1. Pemberian pil tambah darah (ibu hamil)
2. Pemberian vitamin a dosis tinggi ( bulan vitamin a pada bulan februarii dan agustus)
3. PMT
4. Imunisasi
5. Penimbangan balita rutin perbulan sebagai pemantau kesehatan balita melalui pertambahan berat badan setiap bulan. keberhasilan program terlihat melalui grafik pada kartu kms setiap bulan.

Keluarga berencana, pembagian pil KB dan kondom.


Pemberian oralit dan pengobatan.
Penyuluhan kesehatan lingkungan dan penyuluhan pribadi sesuai permasalahan dilaksanakan oleh kader PKK melalui meja 4 dengan materi dasar dari kms baita dan ibu hamil. keberhasilan posyandu tergambar melalui cakupan SKDN

S : semua balita diwilayah kerja posyandu.
K : semua balita yang memiliki KMS.
D : balita yang ditimbang.
N : balita yang naik berat badannya.

KEBERHASILAN POSYANDU BERDASARKAN :

Baik/kurangnya peran serta masyarakat: indikatornya D/S
Berhasil tidaknya program posyandu: indikatornya N/D
DANA

Dana pelaksanaan posyandu berasal dari swadaya masyarakat melalui gotong royong dengan kegiatan jimpitan beras dan hasil potensi desa lainnya serta sumbangan dari donatur yang tidak mengikat yang dihimpunan melalui kegiatan dana sehat.

SISTEM INFORMASI POSYANDU (SIP)

Sistem informasi posyandu adalah rangkaian kegiatan untuk menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan secara tepat guna dan tepat waktu bagi pengelola posyandu. oleh sebab itu sistem informasi posyandu merupakan bagian penting dari pembinaan posyandu secara keseluruhan. konkritnya, pembinaan akan lebih terarah apabila di dasarkan pada informasi yang lengkap, akurat dan aktual. dengan kata lain pembinaan merupakan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi karena didasarkan pada informasi yang tepat, baik dalam lingkup terbatas maupun lingkup yang lebih luas.

Sambungan .................... PART 3 KLIK DISINI


Previous Post Next Post